Sungai Rawa

Sungai Rawa merupakan sungai terbesar yang berhulu di Danau Bawah, salah satu danau air gambut yang berada dalam Taman Nasional Zamrud. Sesuai dengan namanya, hingga sebelum tahun 2000, di waktu musim hujan (bulan September hingga Desember), sempadan sungai ini selalu dibanjiri air sungai. Menurut penuturan warga setempat, konon air sungai ini biasa meluap ke kanan-kirinya hingga mencapai 1 km.

Sungai Rawa bukan sebuah sungai besar dan panjang. Lebar sungai ini di bagian hulu hanya berkisar 15-30 m, di bagian tengah 20-40 m, sedangkan di bagian hilir 30-40 m. Panjang sungai ini dari pangkal hulunya di Danau Bawah hingga ujung muaranya di Selat Panjang (Selat Lalang) kurang-lebih hanya 45 km.

DCIM101MEDIADJI_0633.JPG

Karakteristik ini, sayang sekali, sekarang boleh dikata sudah hilang. Sungai ini jarang meluap dan apabila meluap jangkauan luapannya sudah tidak sejauh dulu lagi. Di masa itu, rawa yang terbentuk sebagai akibat meluapnya sungai sangat memiliki arti penting secara ekologis.

Menurut penduduk, cukup banyak jenis ikan diketahui berkembangbiak di rawa-rawa yang berada di kiri-kanan sungai ini. Jadi keberadaan rawa gambut di masa itu, sebenarnya menyediakan sumber pendhidupan penting bagi penduduk setempat, yang sebagian besar merupakan nelayan sungai. Sayang sekali,sejak tahun 2000 terjadi banyak perubahan lingkungan, terutama sekali yang dipicu oleh deforestasi dan drainasi lahan gambut.

Create your website at WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: