Sekapur Sirih

Assalamualaikum warohmatullahi wabaraokatuhu
Sebelumnya, perkenankan kami memperkenalkan diri. Kami terdiri dari lima orang dosen Universitas Riau yang tergabung sebagai peneliti Pusat Studi Bencana (PSB) yang sedang mempelajari potensi Sungai Rawa untuk dikembangkan sebagai sebuah destinasi ekowisata.

Dengan bekerjasama dengan Badan Restorasi Gambut (BRG) kami mencoba menjajagi untuk tidak saja melihat peluang pengembangan ekowisata berbasis sungai ini, melainkan juga mengintegrasikan pengembangan ini dengan upaya restorasi gambut di sempadan sungai ini.

Setelah melakukan penelusuran Sungai Rawa, kami menemukan bahwa sudah banyak terjadi perubahan lingkungan di sepanjang sempadan sungai ini. Meskipun demikian, kami juga menemukan sejumlah lokasi sebagai sumberdaya ekowisata potensial yang “cukup unik” dan “menarik” untuk dikembangkan. Penelitian kami masih berlangsung dan oleh karenanya, kami masih meyakini, ada hal-hal belum kami lihat atau temukan, dan perlu diungkapkan.

Selain itu, ada beberapa tahap proses penelitian yang masih perlu kami selesaikan.
Blog ini merupakan salah satu medium bagi kami untuk berkomunikasi secara terbuka
dengan masyarakat luas, khususnya mereka yang tertarik pada beberapa hal ini, yaitu:
ekosistem gambut, pembangunan wilayah bergambut, dan ekowisata. Kami akan sangat
menghargai tanggapan yang konstruktif, baik yang berupa kritik maupun saran, terhadap kegiatan ini. Atas perhatian anda semua, kami menghaturkan terimakasih.
Kami juga sangat berterimakasih kepada Bapak Hamdan, Penghulu Kampung Rawa Mekar Jaya, yang telah memberikan dukungan kepada kegiatan ini. Selain itu juga Bapak Nawawi dan Bapak Sutiyono, dua tokoh masyarakat Kampung Rawa Mekar Jaya yang sangat inspiratif. Beliau berdua, selain membantu kami dengan berbagai gagasan juga memberikan bantuan nyata berupa berbagai tindakan yang meringankan pekerjaan kami sebagai peneliti di lapangan.

Selanjutnya, kami berterimakasih kepada Bapak Dr. Haris Gunawan, selaku Deputi IV BRG, dan Bapak Dr. Adhy Prayitno sebagai Ketua PSB, yang telah memberikan kepercayaan kepada kami mengemban tugas penelitian ini. Tidak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada para asisten kami, Windy, Ronny, Nasri, Imas, Awil yang telah membantu pelaksanaan penelitian, baik dalam bentuk kerja meja maupu kerja lapangan.
Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuhu

Ahmad Muhammad, Nurul Qomaruli
Ani Widyasari, Zuli Laili Isnaini
dan Radith Mahatma

Create your website at WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: